Manfaatkan Mol Bonggol Pisang Untuk Tanamanmu

 

bonggol pisang

        Agri Millenial - Manfaatkan Mol Bonggol Pisang Untuk Tanamanmu - Ketika kita menanam pisang pasti kita tahu bahwa tanaman pisang hanya akan berbuah sekali saja kemudian akan menumbuhkan tunas yang selanjutnya akan melakukan pertumbuhan dari awal untuk berbuah kembali. Lantas bagaimana dengan tanaman pisang yang lama ? apakah tanaman pisang yang sudah berbuah bisa kita manfaatkan ? Jawabannya adalah bisa dan salah satunya akan kita manfaatkan bagian bonggolnya untuk membuat Mol. Maka kali ini Agri millenial akan mengulas secara detail tentang pembuatan Mol bonggol pisang dan aplikasinya pada tanaman.

 

Tanaman Pisang

        Semua orang pasti tau tanaman pisang dan admin yakin sobat millenial semua pernah makan buah pisang. Banyak orang menyebut tanaman pisang dengan pohon pisang, padahal sebenarnya pisang bukanlah pohon karena tidak memiliki kayu. Pisang adalah tumbuhan herba yaitu tumbuhan batang basah atau berair. Jadi yang selama ini membesar adalah pelepah daunnya. Tanaman pisang merupakan tanaman yang unik karena hanya akan berbuah sekali kemudian mati. Namun sebelum mati tanaman pisang akan menumbuhkan tunas baru disampingnya sehingga tunas inilah nanti yang selanjutnya akan berbuah, kira-kira begitu siklusnya selama kurang lebih 10 tahun. Kebanyakan orang pasti akan menebang dan membuang batang pisang yang sudah tidak produktif tersebut. Namun dalam dunia pertanian baik batang maupun bonggolnya dapat kita manfaatkan sebagai Mikroorganisme Lokal (Mol) karena didalamnya mengandung berbagai jenis bakteri yang berguna dalam pertumbuhan tanaman.

MOL Bonggol Pisang

        Mikroorganisme Lokal (Mol) adalah kumpulan dari mikroorganisme dalam suatu media yang bermanfaat dalam penguraian bahan organik serta dekomposer yang dapat menfermentasi pupuk organik baik padat maupun cair. Pada tanaman pisang sebenarnya tidak hanya bonggolnya saja yang dimanfaatnya. Apabila batang pisangnya dimanfaatkan sebagai Pupuk Organik Cair (POC) maka akan menjadi pupuk organik yang kaya akan unsur P (Phosfor). Sedangkan bila kita manfaatkan menjadi ZPT maka didalam tanaman pisang juga terdapat hormon pertumbuhan giberelin dan sitokinin yang sangat bermanfaat bagi tanaman. Namun saat ini kita akan fokus untuk pembuatan Mol yang berbahan dasar dari bonggol pisangnya. Berikut ini jenis mikroorganisme yang terkandung dalam bonggol pisang :

  • ·         Asosprillum
  • ·         Acetobacter
  • ·         Bacillus
  • ·         Aeromonas
  • ·         Aspergillus
  • ·         Mikroba Pelarut Phospat
  • ·         Mikroba Selulotif

Dengan mengetahui begitu banyaknya jenis mikroorganisme yang terkandung maka sayang sekali jika kita tidak bisa memanfaatkannya untuk tanaman. Apalagi tanaman pisang sendiri merupakan tanaman yang dapat tumbuh baik di semua wilayah Indonesia sehingga tidak akan susah untuk mencari bahan bakunya. ( Baca juga : Manfaat Besar Yang Tersembunyi Dari Air Kelapa Untuk Tanamanmu )

Pembuatan Mol Bonggol Pisang

Berikut ini merupakan bahan yang digunakan untuk pembuatan MOL Bonggol Pisang :

  •     1 kg bonggol pisang
  •     200 gr gula merah/putih
  •     2 liter air leri

Langkah pembuatan   :

  • Siapkan wadah fermentasi anaerob (wadah tertutup rapat dengan output selang waterpass yang dicelupkan ke air)
  • Cacah bonggol pisang kecil-kecil, semakin kecil semakin bagus karena akan memudahkan dalam proses fermentasi
  •  Larutkan gula merah atau putih, kemudian campurkan semua bahan menjadi satu di wadah fermentasi
  • Tutup rapat lalu fermentasikan Mol selama minimal 2 minggu

Aplikasi Mol Bonggol Pisang Pada Tanaman

        Untuk aplikasi pada tanaman campurkan dengan dosis 10 ml / liter. Kemudian semprotkan pada tanaman pada pagi atau sore hari. Admin sarankan sobat millenial melakukan aplikasi pada fase vegetatif karena mikroorganisme yang ada di dalam mol akan berperan juga dalam memperbaiki tanah pertanian kita, sehingga selain aplikasi semprot disarankan juga untuk aplikasi kocor dengan dosis 25 ml mol pada setiap liter air.

        Demikian yang bisa admin ulas tentang Mol bonggol pisang. Semoga setelah membaca artikel ini sobat millenial bisa mempraktekkan pembuatan mol ini dengan memanfaatkan bonggol pisang yang ada di sekitar kita sehingga kedepannya tidak akan ada lagi tanaman pisang yang terbuang sia-sia. Terima kasih.

Manfaatkan Mol Bonggol Pisang Untuk Tanamanmu

Belum ada Komentar untuk "Manfaatkan Mol Bonggol Pisang Untuk Tanamanmu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel