Manfaat Besar Yang Tersembunyi Dari Air Kelapa Untuk Tanamanmu

 

Manfaat Air Kelapa

        Agri Millenial - Manfaat Besar Yang Tersembunyi Dari Air Kelapa Untuk Tanamanmu - Sobat Millenial, pernahkah kalian meminum air kelapa ? pasti sudah banyak diantara kita yang sudah merasakan segarnya air yang satu ini. Karena selain rasanya yang segar air kelapa juga banyak memiliki khasiat bagi manusia terutama dalam mendetox racun dalam tubuh kita. Hal ini tidak lepas dari kandungan air kelapa itu sendiri. Lantas apakah air kelapa juga berguna untuk tanaman ? disini Agri Millenial akan membahas manfaat air kelapa untuk tanaman kita.

Kandungan Air Kelapa

        Dalam dunia pertanian khususnya pertanian organik seringkali air kelapa digunakan dalam campuran pembuatan Pupuk Organik Cair (POC). Dalam air kelapa murni terkandung banyak sekali nutrisi seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin C, mineral (magnesium,kalium, dan calsium), serta antioksidan yang tinggi. Selain berguna untuk kesehatan manusia ternyata karena mengandung mineral maka hal tersebut juga sangat berguna untuk tanaman. Seperti pada kalium yang merupakan unsur hara makro primer berfungsi dalam merangsang pembentukan bunga dan buah dan mencegah terjadinya rontoknya bunga. Sedangkan magnesium dan calsium merupakan unsur hara makro sekunder yang berfungsi untuk memperkuat dinding sel tanaman sehingga dapat mencegah tanaman dari berbagai serangan penyakit. Selain kandungan mineral diatas, menurut berbagai sumber referensi yang admin kumpulkan ternyata pada air kelapa juga mengandung hormon Auksin, Giberelin, dan Sitokinin. Hormon Auksin berguna dalam membantu proses percepatan pertumbuhan akar dan batang, mempercepat proses perkecambahan, dan merangsang pertumbuhan akar lateral (akar samping). Selanjutnya hormon Giberelin berfungsi dalam merangsang perpanjangan batang dan pembelahan sel, merangsang perkecambahan biji, dan merangsang pembentukan bunga dan buah. Serta hormon Sitokinin sangat berguna dalam mendorong pembelahan sel sehingga dapat memacu pertumbuhan tanaman lebih cepat.

Pembuatan POC Air Kelapa

        Selanjutnya adalah pemanfaatan air kelapa untuk tanaman. Adapun air kelapa yang kita gunakan adalah air kelapa tua atau limbah air kelapa yang ada di pasar sehingga untuk air kelapa muda dapat kita konsumsi sendiri. Sebelum kita aplikasikan pada tanaman kita, hendaknya air kelapa kita olah terlebih dahulu supaya dapat lebih maksimal diserap tanaman. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan cara pembuatan POC air kelapa dengan bahan-bahan berikut ini :

  • ·         Air kelapa 4 liter
  • ·         Gula merah/putih 200 gram
  • ·         Aircucian beras/leri 0,5 liter
  • ·         EM4 / M21 / tape untuk dekomposer

Langkah pembuatan :

  1. ·     Siapkan wadah fermentasi tertutup (anaerob) dengan selang pembuangan yang dicelupkan pada air.
  2. ·       campurkan semua bahan (air kelapa, gula, dan air leri) menjadi satu kemudian aduk dengan rata.
  3. ·       selanjutnya tambahkan dekomposer EM4 atau M21 atau tape sebanyak 50 ml.
  4. ·    setelah semua bahan tercampur menjadi satu lalu masukkan kedalam wadah fermentasi, tutup rapat dan fermentasikan selama kurang lebih 2 minggu.
  5. ·     Setelah 2 minggu buka wadah fermentasi, apabila sudah tercium bau fermentasi (bau tape) maka POC sudah bisa digunakan untuk pupuk tanaman

Aplikasi pada tanaman :

        Aplikasi pada tanaman kita menyesuaikan dengan jenis tanaman dan fase pertumbuhannya. Untuk tanaman pangan memerlukan dosis lebih banyak daripada tanaman hortikultura. Pada fase vegetatif aplikasikan dengan dosis 10 ml / liter sedangkan pada fase generatif aplikasikan dengan dosis 15 ml/liter. Disarankan dalam pengaplikasikan POC air kelapa menggunakan metode semprot supaya POC lebih cepat terserap nutrisinya melalui stomata daun dan selalu biasakan untuk menyemprotkan POC saat stomata terbuka yaitu pada pagi hari atau sore hari. (Baca Juga : Air Susu Basi Jangan Dibuang, Bisa Perkuat Tanamanmu)

        Demikian yang bisa admin ulas mengenai manfaat air kelapa untuk tanaman kita. Pada dasarnya kita dapat memanfaatkan apapun yang ada di sekitar kita untuk digunakan sebagai pupuk tanaman tanpa harus menggunakan bahan kimia. Hal yang terpenting dalam melakukan budidaya adalah selain memperhatikan pertumbuhan tanaman budidaya juga memperhatikan kesuburan tanah sebagai media pertumbuhannya agar kita dapat terus menanam secara berkelanjutan. Terima kasih.

Manfaat Besar Yang Tersembunyi Dari Air Kelapa Untuk Tanamanmu

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Besar Yang Tersembunyi Dari Air Kelapa Untuk Tanamanmu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel